Minggu, 01 Juni 2008

Sistem Informasi Manajemen

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

Salah satu perkembangan dramatis berkaitan dengan isue-isue manajemen di awal milenium ini adalah posisi SDM yang semakin berperan sentral dalam menentukan sukses organisasi. Sebagai pelaku utama dalam proses transaksional antara organisasi dengan lingkungannya, SDM secara strategis dan secara teknis memberikan pengaruh yang luar biasa sebagai agen perubahan (change agent) sehingga sangat menentukan arah perkembangan organisasi di masa depan.
Kemampuan SDM untuk berperan sebagai champion dalam menghadapi lingkungan yang berubah dengan sangat cepat dan penuh ketidakpastian, pada akhirnya akan menjadi faktor penentu apakah suatu organisasi mampu memposisikan diri untuk cenderung lead to change atau justru driven by change.
Faktor SDM perlu diposisikan agar senantiasa mampu mengkontribusi secara optimal pada rejuvenation process sehingga organisasi akan tetap aktual menjadi bagian dari dinamika lingkungannya. Sebagai konsekuensi strategis adalah, meningkatnya kebutuhan untuk melakukan pembenahan yang terencana dan berkesinambungan atas kompetensi organisasi dan kompetensi SDMnya.
Langkah strategis yang dapat ditempuh untuk melakukan pembenahan tersebut adalah dengan mengembangkan program manajemen SDM secara komprehensif, sehingga organisasi memiliki acuan pasti untuk menjawab ketersediaan dan kesiapan SDM dalam jangka pendek dan jangka panjang dalam menjawab dinamika lingkungannya.

Tidak ada komentar: